Senin, 25 April 2011

Bukan Salah Siapa-siapa....

Mamak Ina rasanya termasuk Mamak tersantai di dunia. Prinsip Mamak begini, "Apepun yang mamak masak, makan. Dakde mamak-mamak yang pengen anak e sakit". Walhasil dari dulu, Ina nggak pernah dilarang-larang makan. Makanan apa saja yang Mamak masak, boleh dimakan. Sayor Darat, Lempah Kuning, Sambel Kerang, Ikan Pari Bakar, Ikan apapun yang digoreng ato dipanggang, macem-macem kue tradisional, Lapis Legit spesial buatan Mamak (bagian yang Ina paling suka adalah yang tertinggal di loyang, nyammmm legiitttttt), hmmm apa lagi ya. Dan di rumah ini hanya Ina yang gak pernah makan Pete dan Jengkol . Trus dari SD, Ina juga tidak terlalu suka duren, karna pernah masuk rumah sakit gara-gara makan duren. Dirawat seminggu, kapok. Keluar RS, kadang mencium bau duren sudah bikin kepala Ina nyut-nyutan. Trus apakah yang di rumah berhenti beli duren? Oh tentu tidak... Kalo lagi musim, Mamak bisa beli karungan. Memang harganya lebih murah dari Jakarta. Penggemar duren, silakan main ke Bangka kalo pas musim duren. Durennya duren yang mateng di pohon. Tapi, kalo mau cari duren yang bener-bener enak, jangan tanya Ina...tanya Mamak ya...hahahahahaha...

Lucunya, jaman masih tinggal di deket Mamak, badan Ina teteeeeeep kurus. Entah kenapa...Momen penggelembungan badan Ina justru saat Ina tinggal jauh dari Mamak, di Jakarta. Mungkin karna di Jakarta makanan lebih macem-macem ya. Jajannya malah lebih banyak ketimbang makanan sehatnya.

Selain di Jakarta lebih banyak jajanan, Ina tinggal di rumah sodara yang prinsipnya jauh lebih 'mencekam'. Jadi, bliau selalu berprinsip untuk tidak menyisakan makanan setiap malam. Masakan yang dimasak hari ini, harus habis hari ini juga. Karna Ina adalah orang terakhir yang makan, Ina selalu kebagian jatah penghabis smua makanan. Waktu pertama, Ina juga kewalahan ngabisin smua makanan (mulai dari nasi, lauk sampai sayur). Tapi, lama kelamaan, jadi kebiasaan. Kelar makan, trus nggak ngapa-ngapain kan..Makannya bisa malem jam 21. Trus tidur deh. Sehingga Ina besar tanpa sadar. Hahahahha. Sadar-sadarnya waktu pulang kampung dan Mamak kaget setengah "mati" liat anaknya yang cakep dan imut-imut tetep cakep tapi dengan badan amit-amit. Wahahahahahaha.

Adek Ina, si Acu yang baik hati itu, selalu bilang ke Ina, "Bun...makan harus dihabisken...Karne kite dak tau mane yang kemudian akan jadi barokah untuk kite. Bise jadi suapan pertama, atau bise jadi butiran nasi terakhir yang tertinggal di piring". Salahnya Acu, Acu nggak ngasih batasan porsinya. Hahahahahaha. Dengan prinsip itu, Acu tetep aja langsing sing singggg. Sementara Ina, porsi makan tetep ga kira-kira, dan secara gagah memegang prinsip kemudian menghabiskan smuah. Huhuhuhuhu.

Satu lagi cerita. Ini masa indah saat Ina sudah berkeluarga. Ayooo yang ibu-ibu ngaku deh...yang jadi 'racun' kalo soal jajan dan makan siapaaaaaaahhhh...hehehehe.... Emmas itu adalah orang yang punya pola makan kalo sudah kenyang, cukup. Nggak bisa ditambah. Aliif juga seperti itu. Nah...Ina deh yang jadi racunnya. Kelar makan nasi di rumah, merengek-rengek minta dianterin ke Alfamart karna terbayang-bayang coklat. Hasilnya, berbondong-bondong kami ke Alfamart, beli coklat buat Ina, beli juga buat Aliif. Emmas? Nggak dibagi. hahahahahahaha.

Ato contoh lain, sedang jalan-jalan, baru kelar makan nasi. Tapi aih aihhhh..lidah masih pengen beli roti abon. Kedip-kedip ke Emmas, trus dibolehin, tarik Aliif bersenang-senang memilih bukan 1 roti abon. Tapi 3 roti dengan 3 varian rasa. 1 buat Ina, 1 buat Emmas, 1 buat Aliif (yang seringnya berakhir dengan setengah buat Aliif, trus Aliif nggak habis, ehhh jadi Ina yang harus ngabisin karna kan sayang..daripada mubazir)

Terdengar familiar kan?

Saat menulis cerita masa lalu nan kelabu Ina tadi, Ina jadi sadar bahwasanya bukan salah siapa-siapa kalo Ina jadi gendut gini. Perilaku masa lalu adalah yang kemudian akan Ina 'nikmati' hari ini. Pola makan yang nggak bener, yang akhirnya membawa berat badan Ina melambung sampe kisaran 80an. Kelebihan berat sekitar 30kg dari berat badan ideal.

Seremnya...kalo pola makan ini nggak berubah dan tetep Ina lakukan terus menerus ditambah nggak mau olahraga, bukan tidak mungkin beberapa tahun lagi, ntah berapa kilo kelebihan berat badan Ina. Aaaaaaaaaaaa Ina ga mau jadi segede sofaaaaaaaaaaa..... Dan yang paling penting, Ina nggak mau Aliif tertular pola makan yang salah. Ina mau Aliif, Emmas, Acu dan smua keluarga Ina sehat.

Karnanya Ina berubah. Ina dulu yang harus mengubah pola pikir dan pola makan. Emmas, Aliif dan Acu pada akhirnya akan mengikuti pola pikir dan pola makan yang Ina terapkan. Maunya sehat bareng-bareng orang tercinta dong. Kalo dulu rajin beliin sop buah, sekarang lebih rajin beli buah aja. Sop buah ada tambahan gula dan pemanisnya yang sebenernya nggak perlu juga buat yang makan. Makan makanan yang perlu dan baik. Smoga dengan mengubah pola pikir dan pola makan ini, target menurunkan berat badan terpenuhi.

Ah yaaa.. Emmas juga sudah mulai mau rutin minum Fiber, minum Shake dan berjanji bawa teh herbal+NRG ngantor. Sehat terus Emmas...Ina sayang Emmas terusssssss...Kita akan menua dengan sehat dan bermanfaat bareng yak..Aamiiin...

---Yang penting itu sehat kawan, kurus adalah bonusnya---
Ratih Yunaryo

3 komentar:

  1. moral ceritanya adalah kita sendiri adalah subyek yang bisa memutuskan pilihan walaupun lingkungan kayak apa, kita yang berkuasa atas semua pilihan... gitu kah mbak?
    *peluk erat*

    BalasHapus
  2. Betul mbak pipin...Kita yang berkuasa karna kita juga yang menjalankan hidup kita sendiri. *peluk erat balik*

    BalasHapus
  3. baek-baek mbak Pipin penyet, buuunnnn,,, *ikutan peluk-peluk.

    Sepakat bahwa yang diubah adalah kebiasaan. Jadi jangan paksa-paksa anak makan sesuai 'kenyang'nya kita ya,,, *yang mengamini cerita bunbun. serupa soalnya*

    BalasHapus